Sabtu, 27 Maret 2010

BUKIT KHATALAN

BUKIT KHATALAN

Pesona Objek wisata bukit khayangan merupakan salah satu objek wisata yang berada di kota sungai penuh. Letaknya di gugusan Gunung Raya dan berbatasan dengan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) tepatnya di desa Bina karya , disamping itu ketinggian dari bukit khyangan 2.000 Meter dpl dengan suhu sekitar 20 derajat celcius.

Untuk meuju objek wisata ini kita terlebih dahulu memasuki kota sungai penuh, dari kota sungai penuh kita bisa melihat tingginya bukit khayangan yang di selimuti kabut. Setelah sampai di kota sugnai penuh kita langsung menuju objek wisata ini dengan mengunakan kendaran roda empat maupaun roda dua, disamping itu juga kita akan melewati jalan yang berkelok kelok, waktu yang di butuh kan untuk sampai di puncak bukit yankni sekiratar 35 menit.

Sebelum sampai di bukit khayangan ini kita terlebih dahulu melalui pintu masuk dan perkebunan masyarakat setempat serta pepohonan yang rindang di sepanjang jalan.

Saat berada di atas bukit Khayangan ini , kita akan merasakan kesejukandan kabut tipis mega-mega putih menyelimuti seluruh puncak bukit seolah sedang berada di khayangan, negeri dongeng. Karena kerap diselimuti halimun itulah bukit ini dinamakan Bukit Khayangan.

Ketika kabut mulai tersapu angin, keindahan lembah di bawahnya terkuak jelas kita dapat melihat panorama keindahan alam Kerinci yang mengagumkan. Danau kerinci dan bentangan petak-petak sawah serta hamparan padi yang menguning serta desa-desa tempat tinggal penduduk yang bertebaran dan deretan Bukit Barisan yang diam membisu dapat dilihat dari obyek ini.

Kesejukan udaranya menjadikan kita semakin betah disana. Bukan hanyan itu saja di sebelah Utara terhampar lembah yang di tumbuhi oleh pohon bambu bambu yang menghijau dan jalanan yang berkelok dari kaki bukit menciptakan pemandangan fantastik.

Kondisi jalan menuju Bukit Khayangan beraspal dan cukup lebar. Fasilitas di objek wisata ini cukup memadai. Ada jalan setapak bersemen dengan sejumlah anak tangga. Suasananya asri dengan beragam pepohonana tinggi dan rindang, Udaranyanya juga sangat sejuk dan tentunya jauh dari polusi hingga membuat para pengunjung menjai betah disana betah berlama-lama disana.

Disamping itu di objek wisata ini juga telah di bangun sebuah pondok yang dibangun permanen yang di peruntukan bagi para pengunjung unnuk bersantai menikmati pemandangan alam kerinci dari atas bulit khayangan ini.

SUMBER :www.jambiglobal.com/daerah-wisata/berwisata-ke-objek-wisata-bukit-khayangan

0 komentar:

Posting Komentar